Reposted from @umsofficialid

 

PABELAN-Sebanyak 326 calon alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti prosesi pelepasan dan pembekalan calon Alumni FEB UMS periode II & periode III tahun 2020/2021 yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada Kamis (18/3/2021).

Pada pelepasan kali ini, tercatat dari 326 mahasiswa, 2 di antaranya menjadi wisudawan terbaik dan 72 mahasiswa berhasil mendapat predikat cumlaude.

Dekan FEB, Dr. Syamsudin, M.M, mengatakan sampai dengan saat ini, kampus telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang optimal kepada para mahasiswa. Dengan ilmu tersebut, kata Syamsudin mahasiswa telah memiliki bekal untuk bersaing baik di dunia kerja maupun wirausaha.

“Sehingga, para mahasiswa sudah lulus tidak bingung lagi usai keluar dari FEB UMS yang bersangkutan akan melanjutkan berkarya dimana, apakah bekerja ataupun berwirausaha,” kata Syamsudin.

Tak hanya itu, pada sesi pelepasan calon alumni pun, FEB UMS tetap memberikan tambahan bekal, yakni dengan mendatangkan Eko Susilo, S.E, alumni program studi Akuntansi tahun 2001 yang saat ini menjadi direktur PT. Abditama Teknologi Indonesia.

Dia memberikan pembekalan tentang tantangan di dunia kerja. Eko Susilo menyampaikan bahwa biasanya kalau untuk mahasiswa yang baru lulus dan mau kerja itu pasti memilihnya yang sesuai jurusan.

“Itu adalah hal biasa. Tapi kalau yg mau berbisnis itu tidak harus sesuai jurusan, jadi bisa berbisnis apapun tanpa mempermasalahkan jurusan yang diambil sewaktu kuliah,” katanya.

Eko menyarankan, buat calon alumni yang mau bekerja, bekerjalah di perusahaan yang kecil terlebih dahulu, dengan begitu calon alumni selain mendapat ilmu juga mendapat semangat langsung dari ownernya.

Sehingga, lanjut Eko, ke depannya bisa membuat perusahaan sendiri dengan meniru semangat dan ilmu dari sang owner tersebut.