Dr. Banu Witono, S.E., M.Si. Ak., CA.

(Ketua Program Studi Akuntansi FEB UMS periode 2021-2025)


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di website resmi Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prodi Akuntansi merupakan salah satu program studi di FEB UMS yang didirikan berdasakan SK Dirjen Dikti No. 4499/0/1985 tanggal 1 November 1985.  Sejak tahun 2013, Program Studi Akuntansi mendapatkan dan mempertahankan akreditasi A dari BAN PT berdasarkan SK No. 222/SK/BAN-PT/Ak-XVI/2013 serta berlanjut dengan Keputusan BAN-PT No. 923/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 yang berlaku mulai 16 April 2019 – 16 April 2024.  Selama 36 tahun, Prodi Akuntansi FEB UMS telah turut berkontribusi dalam mencetak lulusan dengan kualifikasi dan kompetensi dibidang akuntansi dalam berbagai jenis profesi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tantangan di masa depan menuntut Prodi Akuntansi untuk melakukan transformasi kompetensi holistik dan integratif di era komunikasi-komputasi global. Transformasi yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna lulusan maupun pemangku kepentingan lainnya.  Prodi Akuntansi berupaya mewujudkannya melalui transformasi akademik berbasis OBE (Outcome-Based Education), transformasi digital, pengembangan SDM dan modernisasi prasarana dan sarana pembelajaran.  Dengan pendekatan Program CAT (Cepat, Awal, Tepat) waktu diharapkan akan menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan masa depan sebagai mana visi Prodi Akuntansi: “Pada tahun 2029 menjadi pusat pendidikan unggulan bidang akuntansi yang profesional dengan mendasarkan pada nilai-nilai keislaman untuk memberi manfaat bagi pemangku kepentingan”.

Semoga keberadaan Prodi Akuntansi FEB UMS dapat memberikan pelayanan dan kontribusi terbaik bagi mahasiswa, lulusan maupun pemangku kepentingan yang berlandaskan pada filosofi Pendidikan UMS yaitu: humanisasi, liberasi dan transendensi. Demikian pula keberadaan Website Prodi Akuntansi, semoga mampu memenuhi kebutuhan akan informasi yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.